WELCOME TO MY BLOGG

Selasa, 22 Maret 2016

Gunung Gentong Gedangsari, Destinasi Wisata Baru di Gunungkidul

Gedangsari, (wintatyas.blogspot.com)--- Gunungkidul adalah salah satu kawasan Geopark Gunungsewu yang memiliki banyak bukit dan pegunungan tersebar di wilayahnya. Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan bukit dan pegunungan yang dijadikan obyek wisata unggulan di Gunungkidul. Sedangkan potensi bukit dan pegunungan yang lain yang tidak kalah menarik untuk dijadikan obyek wisata alam bagi yang menyukai tantangan dan memacu adrenalin, diantaranya adalah Gunung Gentong. Lokasi Gunung Gentong ini teletak di sebelah timur Gunung Api Purba Nglanggeran tepatnya di Padukuhan Manggung, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari.



Pesona Gunung Gentong ini sangat cocok bagi wisatawan yang berjiwa petualang. Gunung Gentong sendiri terdapat 2 tingkatan yaitu Gunung Wedok yang lebih rendah dan Gunung Lanang sebagai puncak tertinggi. Tempatnya pun masih asli / perawan dengan panorama wisata yang sangat memanjakan mata meliputi view di puncak tertinggi yang sangat menawan bagaikan negeri diatas awan, Sunset dan Sunrise matahari yang exotis, terbitnya bulan dan keindahan jutaan bintang yang tersebar dapat kita nikmati saat malam hari, ditambah dengan eloknya pemandangan alam berupa deretan pegunungan dan perkampungan penduduk yang begitu menarik. 




Selain potensinya sebagai obyek wisata, tempat ini juga memiliki nilai sejarah yang sudah melekat dan sudah turun menurun. Gunung Gentong merupakan tempat persinggahan Prabu Brawijaya V dan sampai saat ini masih sering dilakukan upacara adat seperti Nyadran dan Bersih Desa (Rasulan) oleh masyarakat desa Ngalang. Terdapat 2 tempat bersejarah didalamnya, yaitu :
1. Gadean, yaitu tempat bertapanya prabu Brawijaya V;
2. Gentong / Padasan, yang terletak di sisi timur Gunung Gentong sering digunakan untuk wisata ritual;

Gunung ini ternyata juga masih mempunyai beberapa macam pegunungan lagi didalamnya yang tentunya mempunyai keindahannya tersendiri, diantaranya adalah :
1. Gunung Pringgoloyo (Omben Gagak), yang sangat cocok untuk Sunset dan Sunrise. Ditempat ini terdapat Belik (lubang air) yang tidak pernah kering. Biasanya sering digunakan untuk minum burung atau gagak;
2. Gunung Tunggak, terletak berdampingan atau berurutan dengan Watu Tumpang, Gunung Pringgoloyo (Omben Gagak) tepatnya di sebelah barat Gunung Gentong. Disini nantinya akan dijadikan tempat untuk wisatawan ngecamp sembari menikmati sunset dan sunrise;
3. Gunung Bantal, yang terletak di sisi timur Gunung Gentong. Cocok untuk sunrise dan disana juga dapat melihat Panorama Puncak Batara Sriten;
4. Watu Tumpang, sesuai dengan namanya tempat ini terbilang unik karena batu yang berukuran besar menumpang pada bebatuan yang berukuran lebih kecil.






Dibukanya Wisata Explore Gunung Gentong ini merupakan inisiatif dari warga setempat dan di kelola Pokdarwis Dusun Manggung yang di support penuh oleh Karang Taruna Karya Muda Desa Ngalang dengan bantuan masyarakat setempat. Fasilitas yang disediakan pun belum memadahi dikarenakan memang masih dalam tahap pembangunan atau babat alas. Fokus utama yang dilakukan saat ini adalah membuka akses jalan utama menuju Gunung Gentong dan Gunung Pringgoloyo dimana akses ke Gunung Pringgoloyo ini sekaligus akses ke Gunung Tunggak dan Watu Tumpang dan juga akses ke Song/Goa Pringgoloyo yangg letaknya di dibawah Gunung pringgoloyo., membangun Gardu Selamat Datang (Welcome), membangun tempat parkir dan toilet MCK. Harapannya baik pokdarwis, warga setempat, Pemerintah Desa, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul dan Provinsi untuk segera memperhatikan. Karena dengan adanya Explore Gunung Gentong ini akan mampu menghidupkan ekonomi masyarakat setempat, menambah deretan panjang Geopark Gunungsewu dan juga menambah daftar wisata yang menarik di Gunungkidul.


Narasumber : Eko Sigon, Ketua Karang Taruna Karya Muda Desa Ngalang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar